blog how to, blog trick, blog tips, tutorial blog, blog hack

Kamis, 29 Juli 2010

Sampah menumpuk di Bandar Jaya

BANDARJAYA-Menjaga kebersihan di sekitar Pasar Bandarjaya, Kecamatan Terbanggibesar, Lamteng, bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamteng, atau dinas instansi terkait. Tetapi, harus ada keperdulian dan tanggung jawab warga sekitar.

Seperti yang sering terlihat disekitar Pasar Bandarjaya, atau tepatnya di belakang pasar, tiap hari sampah makin menumpuk di sepanjang jalan.

Keadaan tersebut kini mulai dikeluhkan sebagian warga setempat. Selain menjadikan lingkungan tidak sehat, tumpukan sampah yang ada dinilai merusak keindahan lingkungan khususnya kawasan Bandarjaya dan sekitarnya.

Menurut Kaswan (37) warga Bandarjaya Timur yang juga salah seorang karyawan toko di Pasar Bandarjaya, tumpukan sampah yang hampir terjadi di sepanjang jalan-jalan utama, disebabkan karena minimnya tempat pembuangan sampah atau tong sampah.

Keberadaan tong sampah saya nilai sangat kurang. Soalnya, barang bekas ataupun sisa kebutuhan masyarakat sangat banyak. Mengingat kawasan Bandarjaya dan sekitarnya sangat padat penduduk dan merupakan tempat keramaian, ujarnya saat ditemui Radar Lamteng kemarin.

Soalnya, selama ini tong sampah yang kurang menjadi salah satu penyebab banyaknya tumpukan sampah. Mungkin, kalau sudah tersedia tong sampah yang memadai, tentu masyarakat akan sadar dengan sendirinya, untuk membuang sampah pada tempatnya.

Sebagai masyarakat, ia berharap agar hal ini juga menjadi salah satu perhatian penting pemerintah untuk mengatasinya.

Setidaknya, fasilitas umum untuk pembuangan sampah seperti tong sampah ditambah jumlahnya, khususnya untuk wilayah jalan-jalan utama di Bandarjaya ataupun kawasan lainnya, harapnya.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi tentang keberadaan sampah yang sering menumpuk di sekitar Pasar Bandarjaya, Lurah Bandarjaya Timur, Sahrul HS., mengimbau, kepada warga atau masyarakat setempat, agar tidak membuang sampah sembarangan, dan sebisanya menjaga kebersihan lingkungan.

Selaku lurah, saya berharap kepada masyarakat agar dapat menjaga lingkungan sekitarnya, dan tidak membuang sampah sembarangan di sepanjang jalan kawasan Pasar Bandarjaya. Bila belum terdapat tempat tong sampah atau tempat pembuangan sampah diharapkan dapat membakarnya di belakang rumah agar tidak menjadikan penyakit dan mencemari lingkungan, tegasnya. (cw-3/gde).


Sumber: radar lamteng

1 comments:

Banpolotak mengatakan...

Pertamaxxx ...

edew ... itu kampung ane gan ... Bandar jaya ...
bukan cuma skrg aja banyak sampah ...
tapi dr ane sekolah dolo gan ... thn 2000 ... wkwkwkwk ...

misi gan ...

Posting Komentar

Terimaksih anda Telah Mengomentari artikel saya.

 

© Copyright by Berita online Lampung Tengah | By Nurmanto