blog how to, blog trick, blog tips, tutorial blog, blog hack

Minggu, 16 Mei 2010

Pesawat Jatuh, 103 Tewas, selamat 1

image TRIPOLI - Pesawat Afriqiyah Airways itu nyaris tanpa sisa. Hanya pecahan-pecahan kecil dan tentu saja rasa duka yang tertinggal setelah Airbus A330-200 milik maskapai tersebut jatuh di Bandara Internasional Tripoli, Libya, kemarin (13/5). Dari total 93 penumpang dan 11 awak pesawat, hanya seorang bocah laki-laki asal Belanda yang selamat.

Pesawat bertolak dari Bandara Internasional OR Tambo di Johannesburg, Afrika Selatan, sekitar pukul 01.00 kemarin (sekitar pukul 06.00 WIB). Lima jam kemudian, pesawat dengan nomor penerbangan 8U771 tersebut celaka saat hendak mendarat. ’’Tiba-tiba pesawat terbelah saat mendarat sekitar pukul 06.00 (sekitar pukul 11.00 WIB),” ujar pejabat Bandara Tripoli.

    Menteri Perhubungan Libya Mohammed Ali Zidan mengatakan, para korban tewas berasal dari Libya, Afrika, dan Eropa. Sementara dalam pernyataan resminya, pemerintah Belanda melaporkan 61 warganya tewas dalam kecelakaan maut tersebut. Mereka juga membenarkan satu-satunya korban selamat tercatat sebagai warga negara Belanda.

’’Seluruh penumpang dan kru pesawat, kecuali seorang bocah Belanda, tewas. Sejauh ini, jasad 96 korban tewas sudah berhasil diambil. Sisanya sedang dalam proses evakuasi,” terang Zidan seperti dilansir Agence France-Presse kemarin. Bocah delapan tahun yang tidak disebutkan namanya itu kini sedang menjalani operasi di ibu kota karena mengalami patah tulang yang cukup serius.

Pemerintah Libya langsung menerjunkan tim khusus untuk menyelidiki penyebab kecelakaan. Sebab, sebelumnya, tidak ada laporan kerusakan atau gangguan teknis dari kru pesawat. Apalagi, cuaca juga sangat cerah. Tiba-tiba, saat mendekati landasan dan hendak mendarat, pesawat nahas itu terbelah. Badan pesawat buatan Eropa ini pun terserak di sepanjang landasan.

    Tetapi, saksi lain mengatakan pesawat nahas itu terbakar sesaat sebelum menyentuh landasan. ’’Kecelakaan terjadi sekitar satu meter dari runway,” terang Bongani Sithole dari Afriqiyah Airways.

    Zidan menegaskan, meski penyebab pasti kecelakaan belum diketahui, tidak ada indikasi teror dalam insiden tunggal tersebut. ’’Dua kotak hitam pesawat sudah berhasil kami angkat dari lokasi kejadian. Bisa kami pastikan kecelakaan ini tidak berbau terorisme,” tandasnya. Konon, pesawat berlogo khas Afriqiyah Airways, 9.9.99, itu baru dioperasikan September lalu. (afp/jpnn/ade)

0 comments:

Posting Komentar

Terimaksih anda Telah Mengomentari artikel saya.

 

© Copyright by Berita online Lampung Tengah | By Nurmanto