blog how to, blog trick, blog tips, tutorial blog, blog hack

Rabu, 10 Februari 2010

Pemanfaatan Teknologi Solusi Tepat Bagi Guru

SEPUTIHRAMAN- Untuk mewujudkan visi Kelompok Kerja Kepala Sekolah SD (K3S) Kecamatan Seputihraman, Lamteng yaitu meningkatkan mutu kinerja guru pendidikan sekolah dasar tentu tidak mudah. Apalagi untuk mampu melaksanakan tugasnya sebagai guru profesional. Tentunya, harus didukung oleh tenaga dan sumber daya manusia (SDM) yang handal. Terlebih untuk mewujudkan visi tersebut, tentu diawali oleh para tenaga pendidik yang cerdas pula.

Oleh Karena itu, diperlukan tenaga pengajar yang paling tidak mengenal Informasi Teknologi (IT), seperti komputer dan penggunaannya, sebagai pendukung.

Maka, kemarin (8/2) K3S setempat, menyelenggarakan pelatihan komputer dasar untuk guru SD se Kecamatan Seputihraman. Kegiatan tersebut berlangsung di Sanggar Pramuka kecamatan setempat.

Demikian disampaikan Ketua K3S Nurdianto kepada Radar Lamteng disela-sela kegiatannya kemarin.

Dalam pelatihan ini, guru dikenalkan dengan IT, seperti, apa guna komputer dan cara pengoperasiannya. Seperti mengenal dan mengatur halaman serta evaluasi dan pendalaman selama 3 hari berturut-turut, terangnya.

Lanjutnya, pelatihan komputer dasar tersebut, diikuti oleh 34 guru untuk gelombang pertama, yang dimulai tanggal 8 hingga 10 Februari 2010. Sedangkan untuk gelombang kedua, dilaksanakan tanggal 11 hingga 13 Februari 2010 mendatang, dengan jumlah peserta 34.

Pelatihan ini diselenggarakan bagi guru sekolah dasar, maka setiap sekolah mengirim 2 guru PNS untuk mengikuti pelatihan tersebut.

Sebab dengan adanya pelatihan bertujuan untuk dapat menyerap ilmu dasar komputer dan dapat menstranfer ilmu tersebut ke siswa-siswinya, ujarnya.

Kepala UPTD Pendidikan Seputih Raman Drs. Zainuddin,M.Pd. mengatakan, para guru khususnya yang bertugas di pedalaman, kebanyakan tidak mengenal komputer.

Dijelaskan Drs Zainuddin,M.pd. sebagai pelatihnya yaitu Krisna Herlambang, S.Kom, instruktur dari Jogyakarta dan dibantu oleh 2 asisten yakni Dedy Prasetyo dan Gunawan, yang diikuti oleh para peserta se Kecamatan Seputihraman.

Acara tersebut dibuka oleh Drs Zainuddin,M.pd. (Kepala UPTD Pendidikan Seputihraman) mewakili Dinas Pendidikan Kabupaten Lamteng. Ia menerangkan, kegiatan pelatihan ini, akan dilakukan bertahap 3 hari untuk gelombang pertama dan dilanjutkan 3 hari lagi untuk gelombang kedua. Adapun setiap sekolah diwakili 2 orang guru PNS sebagai pesertanya.

Dengan pelatihan ini, kedepan diharapkan para guru mampu bekerja secara profesional dan dapat menstransfer ilmu yang didapat pada saat pelatihan selama tiga hari tersebut,terangnya.

Guru yang telah mendapatkan pelatihan akan mengajarkan ilmunya, selanjutnya untuk siswanya masing-masing.

Nanti, 2 guru yang mewakili sekolah tersebut kembali mengajarkan kepada siswa-siswinya, agar ilmu yang didapat mampu ditransfer ke siswanya sesuai dengan KTSP,’’ terangnya.

Diharapkan, guru akan menyampaikan materi komputer dua jam pelajaran perkelas, ini diwajibkan sementara untuk siswa-siswi kelas 4,5 dan 6. Sementara pelatihan komputer ini sudah berkoordinasi dengan Kabid Dikdas, Drs. Sarjito, S.Pd., yang mensupport adanya kegiatan tersebut.

Menurut Drs. Sarjito, program pelatihan dasar pengenalan komputer untuk guru SD ini diawali di Kecamatan Seputihraman, diharapkan ke depannya akan ditindak lanjuti di kecamatan lain. (*)


Sumber: radar lamteng

0 comments:

Posting Komentar

Terimaksih anda Telah Mengomentari artikel saya.

 

© Copyright by Berita online Lampung Tengah | By Nurmanto