blog how to, blog trick, blog tips, tutorial blog, blog hack

Rabu, 17 Februari 2010

Desa Rejosari Mataram Gotong Royong

SEPUTIH MATARAM – Semangat kegotong royongan warga di Dusun 3, Kampung Rejosari mataram, Kecamatan Seputih mataram, Lamteng tampaknya patut diacungkan jempol. Buktinya, Minggu pagi (7/2), puluhan warga setempat melakukan gotong royong bersama membersihkan saluran air (drainase) di pinggir jalan utama kampung setempat. Gotong royong itu juga dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir di sekitar lingkungan sekitarnya.

Kepala Kampung Rejosari Mataram Uhi Nasyuhi,JS didampingi Kepala Dusun 3 (Kadus) Senen saat ditemui Radar Lamteng disela-sela gotong royong mengatakan, dilaksanakan gotong royong membersihkan drainase sepanjang 600 meter di sekitar pinggir jalan utama tersebut untuk mengantisipasi terjadinya banjir. Kalau turun hujan deras berkepanjangan, tentu di sekitar rumah warga dusun 3 tidak kebanjiran. Ini juga untuk mencegah terjangkitnya berbagai penyakit, seperti DBD, ujarnya. .

Menurutnya, gotong rotong membersihkan drainase di pinggir jalan utama sangatlah penting dilakukan. Kalau turun hujan, pasti air-air di drainase tersebut akan lancar. Karena itu, kita semua mengadakan gotong royong bersama. Sebab, kalau drainase tidak dibersihkan, air akan tergenang. Bahkan, seringkali kalau datang hujan deras terlalu lama, mengakibatkan genangan air, sampai-sampai air tersebut masuk ke rumah warga,” ucapnya.

Ditambahkan pula oleh Kepala Dusun 3 Senen, kegiatan tersebut sudah lama diprogramkan. Tapi, selalu terkendala dengan aktivitas warga di sini. Apalagi, mayoritas warga sebagai petani. Jadi, kami mencari waktu yang tepat untuk melakukan gotong royong. Baru pada hari ini (kemarin,Red) terlaksananya gotong royong membersihkan saluran drainase di pinggir jalan utama, ungkapnya.

Menanggapi kegiatan gotong royong ini, Partoyo, salah satu tokoh masyarakat di dusun setempat, mengaku sangat mendukung diadakan gotong royong tersebut. ”Yang jelas diadakannya gotong royong ini untuk memperlancar saluran air di pinggir jalan utama, khususnya di dusun 3 agar tidak mengalami kebanjiran. Dan gotong royong ini atas inisiatif warga dusun 3. Karena, selama ini drainase tersebut kalau turun hujan deras selalu mengalami kebanjiran sampai hampir masuk ke rumah warga,” terangnya.

Partoyo menerangkan, pihaknya selalu mendukung program Kepala Kampung tentang bersih desa (gotong royong). Apalagi, untuk kepentingan bersama dan sampai sekarang juga semangat gotong royong warga masih terlihat meskipun banyak warga masyarakat yang sibuk dengan kegiatan masing-masing. Namun, semangatnya masih tetap ada dan itu perlu di pertahankan. (*)

Sumber: Radarlamteng

1 comments:

PNPM-MP OKI mengatakan...

Tertarik dengan tulisan artikel ini.... karena kami baru menjadi bagian Komunitas masyarakat Rejosari Mataram.
Barusan kami mendapat keluarga baru / BESAN baru... adik lelaki kami barusan Menikah dengan putri desa rejosari, tepatnya di desa rejosari mataram Jalan 1 Dusun 1, keluarga besar bapak Sumardi dan ibu Umayah. AKAD NIKAH di kediaman keluarga mempelai wanita... Sari Rusmiati [Pengomen : Faisal tinggal di Palembang, tugas di PNPM P2KKP OKI

Posting Komentar

Terimaksih anda Telah Mengomentari artikel saya.

 

© Copyright by Berita online Lampung Tengah | By Nurmanto