blog how to, blog trick, blog tips, tutorial blog, blog hack

Senin, 24 Agustus 2009

Pembangunan Komplek Pemda Pesawaran


GEDONGTATAAN--Tahun 2011 Kabupaten Pesawaran bakal memiliki kompleks perkantoran sendiri di Desa Way Layap, Gedongtataan. Gedung perkantoran di atas lahan seluas 37,2 ha itu meliputi sekretariat kabupaten, sekretariat dewan, serta kantor dinas, badan dan kelembagaan.Menurut Sekretaris Kabupaten Pesawaran, Ruslan, kompleks perkantoran yang proses pembangunannya bakal diselesaikan dalam tiga tahap itu akan menjadi pusat pemerintahan kabupaten yang representatif untuk menunjang kinerja pelayanan kepada masyarakat. Peletakan batu pertama telah dilakukan pada Selasa (18-8) lalu.
Total luas lahan kawasan perkantoran itu mencapai 37,2 ha. Di tempat itu akan dibangun kantor bupati, sekretariat DPRD, gedung serbaguna, kantor-kantor dinas, badan dan kelembanggaan lainnya fasilitas penunjang lainnya. "Biaya pembangunan kantor bupati dan sekretariat kabupaten memerlukan dana sekitar Rp32,5 miliar," kata Ruslan.

Pada tahun anggaran (TA) 2009 Pemkab Pesawaran memperoleh bantuan dana alokasi khusus (DAK) bidang prasarana pemerintahan untuk pembangunan gedung kantor bupati dan sekretariat kabupaten tahap pertama sekitar Rp10,028 miliar, termasuk dana pendamping dari APBD 2009 sebesar Rp911 juta yang disiapkan Pemkab Pesawaran.

Sebelumnya, kata Ruslan, pada TA 2008, realisasi pembangunan kantor bupati telah dimulai dengan pembuatan masterplan perkantoran pemerintah Kabupaten Pesawaran oleh PT Arplan Geo Encon.Sesuai dengan tata ruang Kabupaten Pesawaran, di mana Gedongtataan merupakan pusat perdagangan dan jasa serta pusat pendidikan dan pemerintahan sehingga Pemkab Pesawaran mengupayakan pengembangan wilayah yang berpotensi serta relatif masih kosong sebagai subpusat perkantoran yang baru.

"Ini untuk mengantisipasi terjadinya pemusatan kegiatan pemerintah daerah pada kawasan pusat kota sehingga pemerintah Kabupaten Pesawaran merencanakan pembangunan kawasan perkantoran yang representatif dan modern sekaligus menjadi contoh perkotaan baru yang dapat mendorong pembangunan serta dapat menjadi identitas Kabupaten Pesawaran dalam pembangunannya".

Sementara itu, Kepala Bidang Pelaksana PT Purna Arena Yudha, Agus Purwanto, mengatakan pada tahap pertama ditargetkan bangunan mencapai struktur dan atap bangunan kantor dan kemungkinan penyelesaian tahap ketiga. "Pembangunan kantor bupati dan sekretariat Kabupaten Pesawaran dilakukan tiga tahap atau tiga tahun anggaran," kata Agus Purwanto.

0 comments:

Posting Komentar

Terimaksih anda Telah Mengomentari artikel saya.

 

© Copyright by Berita online Lampung Tengah | By Nurmanto